Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

Uji Coba Ganjil-Genap di Jalan Thamrin Lancar

Pelaksanaan uji coba kebijakan ganjil-genap plat nomor kendaraan yang dimulai Rabu ini di Jalan MH Thamrin, tepatnya di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat berlangsung lancar.

Jelang Hukuman Mati, Dermaga Wijayapura Cilacap Disterilisasi

Petugas Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, melakukan sterilisasi di sekitar Dermaga Wijayapura di tengah kabar dilaksanakan eksekusi hukuman mati terpidana kasus narkoba di Pulau Nusakambangan.

KPU Ajak Peyandang Disabilitas Berpartisipasi Pada Pilkada

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau mengajak penyandang disabilitas yang ada pada daerah setempat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2017 karena memiliki hak yang sama dengan warga lainnya.

Polisis Sterilisasi Area Dermaga Wijayapura, Nusakambangan, Jelang Eksekusi

Petugas Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, melakukan sterilisasi di sekitar Dermaga Wijayapura menjelang pelaksanaan eksekusi hukuman mati terpidana kasus narkoba di Pulau Nusakambangan.

Beri Gebrakan Baru, China Luncurkan Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia

China sebagai Negeia Tirai Bambu yang terus menunjukkan eksistensinya di dunia khususnya dalam hal perdagangan yang terus berkembang dan maju pesat telah memberikan pengaruh terhadap perekonomian di negaranya, selain itu juga China dikenal sebagai negara dengan pasar batu permata terbesar di dunia.