Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Harga Bahan Bangunan di Pangkalpinang Stabil

harga bahan bangunan, bahan bangunan, pangkalpinang, bangka belitung

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 589

Harga berbagai jenis bahan bangunan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pekan ini masih stabil seiring pasokan barang dari Jawa dan Sumatera berjalan lancar.

"Stok barang saat ini juga masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga dua minggu ke depan," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Ridwan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan perkembangan harga bahan bangunan selama satu minggu terakhir, harga semen merk Tiga Roda Rp62.000 per 50 kilogram (kg), semen merk Holcim Rp60.000 per 50 kg dan semen merk Bosowa Rp58.000 per 50 kg.

Kemudian harga seng gelombang tebal 2 mm seharga Rp19.500 per lebar, tebal 3 mm Rp36.600 per lembar dan untuk seng plat masih kosong.

Sementara itu, perkembangan harga bahan utama kontruksi bangunan seperti besi juga masih stabil yaitu untuk ukuran 6 mm Rp31.000 per batang, ukuran 8 mm Rp47.000 per batang, ukuran 10 mm Rp65.000 per batang dan ukuran 12 mm Rp105.000 per batang.

"Dilihat secara umum perkembangan harga barang termasuk bahan bangunan di Pangkalpinang cenderung lebih tinggi karena hampir 80 persen barang yang beredar di pasaran merupakan kiriman dari Jawa dan Sumatera," katanya.

Menurut dia, jarak pengiriman barang yang terlalu jauh ke Bangka tentunya memerlukan biaya tinggi sehingga secara otomatis perkembangan harga di pasaran cenderung lebih tinggi.

Sementara itu, Disperindag selalu mengimbau para pengusaha toko bangunan agar terus meningatkan stok barang untuk mengantisipasi adanya kelangkaan barang akibat terhambatnya pengiriman dari luar daerah tersebut.

"Selain itu, kami juga melakukan pemantauan harga barang secara rutin untuk mengantisipasi adanya permainan harga barang yang cenderung memberatkan konsumen," katanya.

Menurut Ridwan, jika nantinya ditemukan ada pedagang yang mempermainkan harga atau menaikkan harga, maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas agar tidak merugikan masyarakat. (ant/as)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.