Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Daging Ayam Picu Inflasi Kota Malang

kota malang, harga ayam, inflasi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 419

Harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan cukup signifikan dalam beberapa pekan terakhir menjadi pemicu terbesar terjadinya inflasi pada Januari di Kota Malang, Jawa Timur, yang mencapai 0,97 persen.

Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatima Setyorini di Malang, Rabu, mengatakan harga daging ayam ras beberapa pekan terakhir terus naik, meski hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru sudah berlalu.

Harga daging ayam ras di pasar tradisional saat ini rata-rata mencapai Rp29 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya pada kisaran Rp24 rib hingga Rp25 ribu.

"Kelompok bahan makanan terutama bahan makanan yang harganya ditentukan oleh pasar (volatile price) mendominasi kenaikan harga pada awal tahun ini," katanya.

Selain harga daging ayam ras, katanya, telur ayam, cabai rawit, bawang merah, tomat, bawang putih, selada, dan kelapa juga memberikan andil cukup besar terhadap inflasi di daerah itu.

Menurut dia, secara year on year (yoy), Januari 2012 terhadap Januari 2013, kenaikan harga berbagai komoditas di Malang mencapai 5,30 persen.

Ia mengemukakan, jika tarif angkutan udara pada Desember 2012 menyumbang angka inflasi cukup tinggi, pada Januari justru terjadi deflasi sebesar -0,1036 persen.

Kondisi itu, katanya, karena kegiatan wisata dan liburan Natal maupun Tahun Baru sudah berakhir, sehingga harga tiket juga turun.

Dari tujuh kota di Jatim yang menjadi acuan indeks harga konsumen (IHK), kenaikan harga tertinggi terjadi di Jember yang mencapai 1,17 persen dan terendah di Surabaya, yakni 0,89 persen.

Meski inflasi di Kota Malang pada Januari cukup tinggi, ternyata masih di bawah inflasi Jatim yang mencapai 0,97 persen dan nasional sebesar 1,03 persen. Inflasi Kota Malang pada Desember 2012 mencapai 0,70 persen. (ant/as)

Ahok: Pelanggar Ganjil Genap Diberi Blangko Biru

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan penerapan kendaraan dengan nomor polisi ganjil genap bila ada yang melanggar langsung diberi blangko tilang warna biru.

Banyuwangi Siapkan Langkah Hadapi Tantangan Ekonomi 2017

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi kondisi ekonomi pada 2017 yang diprediksi bakal nbanyak menghadapi tantangan berat.

Kupang Terapkan Rekam KTP Elektronik 24 Jam

Pemerintah Kota Kupang segera menerapkan layanan perekaman identitas untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik warga di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu 24 jam.

170 Ekor Sapi Ikuti Kontes Di Situbondo

Sebanyak 170 ekor sapi hasil inseminasi buatan mengikuti kontes ternak sapi yang digelar Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, guna mengetahui keberhasilan pada sektor peternakan.

Program 35.000 MW Diperkirakan Tidak Capai Target

Pengamat energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi memperkirakan program pembangunan pembangkit listrik berdaya 35.