Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Harga Telur Bebek di Waykanan Melonjak

harga telur, waykanan, telur bebek

Posted on 25 Jan 2013. Hits : 611

Harga telur itik/bebek di sejumlah pasar Kabupaten Waykanan, Lampung, melonjak dari Rp2.000 menjadi Rp2.500/butir seiring sedikitnya pasokan atas komoditas peternakan itu.

"Harganya sejumlah itu tidak bisa kurang lagi, saya susah mendapatkannya dan barang ini ambilnya dari jauh," ujar Wagini, pedagang telur di pasar Pemda Waykanan, di Blambangan Umpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Jumat.

Sejumlah warga daerah itu mengaku akhir-akhir ini kesusahan mencari telur bebek untuk mereka konsumsi sejak merebaknya kasus flu burung yang melanda sebagian wilayah Lampung.

Adapun beberapa pedagang pengumpul di beberapa wilayah itu juga mengaku kesulitan mendapatkan pasokan atas komoditas itu.

"Telur bebek memang sedang susah didapatkan, makanya harganya sedang mahal," ujar Sunar, pedagang pengumpul telur bebek.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kardi Wasito menyarankan masyarakat setempat untuk tidak membeli telur bebek dari luar daerah itu.

Hal itu, demikian Kardi melanjutkan, karena banyak daerah di kabupaten/kota di Lampung terkena flu burung.

"Untuk menjaga hal tidak diinginkan saja," kata dia pula.

Kabupaten Waykanan yang per September 2012 tercatat memiliki itik betina produktif sebanyak 5.254 ekor dari 17.512 ekor bebek betina yang ada menurut Kardi juga, masih terbebas dari flu burung.

"Hal itu dikarenakan karena peternak tidak mengambil bebek dari Jawa yang pada awalnya terkena flu burung," kata dia.

Telur bebek menurut dia, aman dikonsumsi jika telah direbus dengan matang, kisaran 10 menit lebih setelah air mendidih untuk terhindar dari flu burung.

Perihal pencegahan flu burung di daerah itu, ia mengatakan pihaknya telah meminta peternak rajin membersihkan kandang ternaknya, salah satunya dengan menggunakan deterjen. (ant/as)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.