Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Telur Bebek di Waykanan Melonjak

harga telur, waykanan, telur bebek

Posted on 25 Jan 2013. Hits : 611

Harga telur itik/bebek di sejumlah pasar Kabupaten Waykanan, Lampung, melonjak dari Rp2.000 menjadi Rp2.500/butir seiring sedikitnya pasokan atas komoditas peternakan itu.

"Harganya sejumlah itu tidak bisa kurang lagi, saya susah mendapatkannya dan barang ini ambilnya dari jauh," ujar Wagini, pedagang telur di pasar Pemda Waykanan, di Blambangan Umpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Jumat.

Sejumlah warga daerah itu mengaku akhir-akhir ini kesusahan mencari telur bebek untuk mereka konsumsi sejak merebaknya kasus flu burung yang melanda sebagian wilayah Lampung.

Adapun beberapa pedagang pengumpul di beberapa wilayah itu juga mengaku kesulitan mendapatkan pasokan atas komoditas itu.

"Telur bebek memang sedang susah didapatkan, makanya harganya sedang mahal," ujar Sunar, pedagang pengumpul telur bebek.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kardi Wasito menyarankan masyarakat setempat untuk tidak membeli telur bebek dari luar daerah itu.

Hal itu, demikian Kardi melanjutkan, karena banyak daerah di kabupaten/kota di Lampung terkena flu burung.

"Untuk menjaga hal tidak diinginkan saja," kata dia pula.

Kabupaten Waykanan yang per September 2012 tercatat memiliki itik betina produktif sebanyak 5.254 ekor dari 17.512 ekor bebek betina yang ada menurut Kardi juga, masih terbebas dari flu burung.

"Hal itu dikarenakan karena peternak tidak mengambil bebek dari Jawa yang pada awalnya terkena flu burung," kata dia.

Telur bebek menurut dia, aman dikonsumsi jika telah direbus dengan matang, kisaran 10 menit lebih setelah air mendidih untuk terhindar dari flu burung.

Perihal pencegahan flu burung di daerah itu, ia mengatakan pihaknya telah meminta peternak rajin membersihkan kandang ternaknya, salah satunya dengan menggunakan deterjen. (ant/as)

Freddy Budiman Dimakamkan Di Surabaya

Terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Mbah Ratu di Jalan Demak Surabaya, Jumat sore, dengan diiringi ratusan warga setempat.

'Sendal Pondok Jodoh' Jadi Objek Wisata Bengkulu

Ratusan sendal bekas yang disusun bertingkat pada dua dinding terbuat dari bambu di Pantai Tapak Paderi yang disebut "Sendal Pondok Jodoh" menjadi objek wisata baru, khususnya bagi kalangan anak muda di Kota Bengkulu.

Kemenperin Rampungkan Prosedur Potongan Harga Gas Industri

Kementerian Perindustrian tengah merampungkan Peraturan Menteri Perindustrian yang menjadi prosedur pengajuan potongan harga gas untuk tujuh jenis industri.

Kadin: Kebijakan Izin Investasi Perlu Diperbaiki

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah menyatakan kebijakan izin investasi perlu diperbaiki salah satunya izin mendirikan bangunan (IMB).

Bali Tuan Rumah Gerakan Minum Jamu

Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pengusaha (DPP GP) Jamu memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan menggelar kegiatan yang mengusung tema "Gerakan Nasional Minum (GNM) dan Cinta Jamu Indonesia (CJI).