Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Turun, Distributor Bawang Mengeluh

harga bawang, bawang merah, distributor bawang

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 308

Harga bawang merah yang mulai bergerak turun di beberapa daerah termasuk Kota Ambon, Provinsi Maluku, membuat para distributor yang selama ini mendatangkan bahan kebutuhan masak itu dari Makasar, Surabaya dan Kupang mulai mengeluh.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Maluku, B.Ohorella, di Ambon Kamis mengatakan, sejumlah distributor yang kami temui terlihat mulai mengeluh akibat perkembangan harga bawang yang mulai bergerak turun.

"Mereka katakan, bagaimana kami mau turunkan harga bawang merah hingga mencapai Rp40.000 per kilogram sesuai perkembangan harga saat ini, sedangkan stok yang tersedia di beli dengan harga mahal," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya mereka sekarang ini menawarkan harga bawang merah masih diatas normal yakni Rp45.000 per kilogram untuk bisa menutupi modal yang sudah dikeluarkan.

Sedangkan harga bawang putih masih tetap tinggi yakni Rp60.000 per kilogram dan sudah bertahan sejak pekan lalu.

Ohorella mengatakan, selain turunnya harga bawang merah akibat pasokan dari luar daerah yang masuk Ambon sejak Kamis (20/3), juga ada pasokan dari Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah yang memasok sebanyak dua ton dengan harga di tingkat petani Rp25.000 per Kg, kemudian para pedagang pengecer menjual lagi di pasar Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.

"Syukurlah kalau bawang produksi lokal sudah mulai masuk ke pasar Ambon sehingga bisa mengimbangi sekaligus sewaktu - waktu bisa mengisi kekosongan apabila pasokan dari luar daerah terlambat," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pasokan dari petani lokal ada perhatian khusus dari pemerintah setempat untuk membantu pengadaan lahan pertanian terutama untuk menanam bawang, sebab sudah terbukti di daerah Maluku juga cocok untuk tanaman tersebut.

Hasil pantauan yang dilakukan ANTARA di pasar Mardika dan Nusaniwe, Kamis, harga bawang merah berkisar antara Rp45.000 hingga Rp50.000 per Kg dan bawang putih masih tetap bertahan Rp60.000 per Kg. (ant/as)

RAPBN 2017 Dilanjutkan Ke Pembahasan Teknis

Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017 akan dilanjutkan pada pembahasan teknis usai seluruh fraksi partai politik DPR menyampaikan tanggapan atas RAPBN 2017 dalam sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

PT PP Akan 'Rights Issue' Rp4,41 Triliun

BUMN konstruksi, PT PP (Persero) Tbk akan melakukan peningkatan modal disetor melalui mekanisme penawaran umum terbatas I (PUT I) dengan penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau "rights issue" senilai Rp4,41 triliun.

Presiden Minta Izin Investasi Disatukan Di BKPM

Presiden Joko Widodo meminta pelayan perizinan yang berada di beberapa kementerian ditarik dan dijadikan satu di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Petani Tembakau Tolak Isu Kenaikan Harga Rokok

Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, menyatakan, menolak adanya isu kenaikan harga rokok hingga rata-rata Rp50 ribu per bungkus.

Mendag: Persepsi Tentang Daging Beku Perlu Diluruskan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berpendapat persepsi masyarakat memandang daging beku impor tidak higienis perlu diluruskan supaya minat masyarakat membeli dan mengonsumsi daging beku tidak berkurang.