Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Harga Turun, Distributor Bawang Mengeluh

harga bawang, bawang merah, distributor bawang

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 308

Harga bawang merah yang mulai bergerak turun di beberapa daerah termasuk Kota Ambon, Provinsi Maluku, membuat para distributor yang selama ini mendatangkan bahan kebutuhan masak itu dari Makasar, Surabaya dan Kupang mulai mengeluh.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Maluku, B.Ohorella, di Ambon Kamis mengatakan, sejumlah distributor yang kami temui terlihat mulai mengeluh akibat perkembangan harga bawang yang mulai bergerak turun.

"Mereka katakan, bagaimana kami mau turunkan harga bawang merah hingga mencapai Rp40.000 per kilogram sesuai perkembangan harga saat ini, sedangkan stok yang tersedia di beli dengan harga mahal," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya mereka sekarang ini menawarkan harga bawang merah masih diatas normal yakni Rp45.000 per kilogram untuk bisa menutupi modal yang sudah dikeluarkan.

Sedangkan harga bawang putih masih tetap tinggi yakni Rp60.000 per kilogram dan sudah bertahan sejak pekan lalu.

Ohorella mengatakan, selain turunnya harga bawang merah akibat pasokan dari luar daerah yang masuk Ambon sejak Kamis (20/3), juga ada pasokan dari Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah yang memasok sebanyak dua ton dengan harga di tingkat petani Rp25.000 per Kg, kemudian para pedagang pengecer menjual lagi di pasar Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.

"Syukurlah kalau bawang produksi lokal sudah mulai masuk ke pasar Ambon sehingga bisa mengimbangi sekaligus sewaktu - waktu bisa mengisi kekosongan apabila pasokan dari luar daerah terlambat," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pasokan dari petani lokal ada perhatian khusus dari pemerintah setempat untuk membantu pengadaan lahan pertanian terutama untuk menanam bawang, sebab sudah terbukti di daerah Maluku juga cocok untuk tanaman tersebut.

Hasil pantauan yang dilakukan ANTARA di pasar Mardika dan Nusaniwe, Kamis, harga bawang merah berkisar antara Rp45.000 hingga Rp50.000 per Kg dan bawang putih masih tetap bertahan Rp60.000 per Kg. (ant/as)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.