Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Harga Turun, Distributor Bawang Mengeluh

harga bawang, bawang merah, distributor bawang

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 308

Harga bawang merah yang mulai bergerak turun di beberapa daerah termasuk Kota Ambon, Provinsi Maluku, membuat para distributor yang selama ini mendatangkan bahan kebutuhan masak itu dari Makasar, Surabaya dan Kupang mulai mengeluh.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Maluku, B.Ohorella, di Ambon Kamis mengatakan, sejumlah distributor yang kami temui terlihat mulai mengeluh akibat perkembangan harga bawang yang mulai bergerak turun.

"Mereka katakan, bagaimana kami mau turunkan harga bawang merah hingga mencapai Rp40.000 per kilogram sesuai perkembangan harga saat ini, sedangkan stok yang tersedia di beli dengan harga mahal," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya mereka sekarang ini menawarkan harga bawang merah masih diatas normal yakni Rp45.000 per kilogram untuk bisa menutupi modal yang sudah dikeluarkan.

Sedangkan harga bawang putih masih tetap tinggi yakni Rp60.000 per kilogram dan sudah bertahan sejak pekan lalu.

Ohorella mengatakan, selain turunnya harga bawang merah akibat pasokan dari luar daerah yang masuk Ambon sejak Kamis (20/3), juga ada pasokan dari Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah yang memasok sebanyak dua ton dengan harga di tingkat petani Rp25.000 per Kg, kemudian para pedagang pengecer menjual lagi di pasar Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.

"Syukurlah kalau bawang produksi lokal sudah mulai masuk ke pasar Ambon sehingga bisa mengimbangi sekaligus sewaktu - waktu bisa mengisi kekosongan apabila pasokan dari luar daerah terlambat," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pasokan dari petani lokal ada perhatian khusus dari pemerintah setempat untuk membantu pengadaan lahan pertanian terutama untuk menanam bawang, sebab sudah terbukti di daerah Maluku juga cocok untuk tanaman tersebut.

Hasil pantauan yang dilakukan ANTARA di pasar Mardika dan Nusaniwe, Kamis, harga bawang merah berkisar antara Rp45.000 hingga Rp50.000 per Kg dan bawang putih masih tetap bertahan Rp60.000 per Kg. (ant/as)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.