Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indukan Lele Sangkuriang BBI Pariaman Siap Dipanen

pemkot pariaman, balai benih ikan, bbi, calon induk lele sangkuriang, siap panen

Posted on 13 Sep 2013. Hits : 283

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat melalui UPT Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Kelautan dan Perikanan menyatakan sekitar 12 ribu ekor calon induk lele sangkuriang yang dibudidayakan di BBI itu siap dipanen.

'Panen perdananya kita jadwalkan pada Senin (16/9), selanjutnya, pada Selasa (17/9) dan Rabu (18/9) akan dilakukan penyortiran danpemasarannya baru dilakukan mulai Kamis (19/9),' kata Kepala UPT BBI DKP kota itu Fajri, di Pariaman, Jumat.

Dia menjelaskan, dari sekitar 12 ribu ekor calon induk siap panen itu, sekitar 2 ton lebih di antaranya telah habis dipesan oleh sejumlah dinas dan Unit-unit Pembenihan Rakyat (UPR) dari beberapa kabupaten kota di Sumatera Barat dan Riau.

Meliputi, DKP Kabupaten Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Dharmasraya, Agam, Kota Padang, Payakumbuh, dan sejumlah UPR di Sumbar, serta beberapa UPR di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru, Riau, katanya.

Menurut Fajri, rencananya prosesi panen dan pemasaran perdana dalam tahun ini tersebut akan dilakukan dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota setempat Mukhlis Rahman, Kamis.

'Namun, bagi masyarakat yang ingin melihat juga boleh, silakan datang ke kolam benih kami di Jalan Sentot Alibasa, Jati, Kecamatan Pariaman Tengah,' tuturnya.

'Mudah-mudahan bisa menginspirasi masyarakat sekitar. Jadi, makin banyak warga kita yang mencoba berternak ikan jenis ini,' tambahnya.

Dia mengatakan, usaha budidaya ikan jenis itu terbilang menguntungkan karena masa panen ikan terbilang cepat, yakni sekitar 2 bulan.

Selain itu, lanjut dia, ikan jenis itu bisa dikatakan memiliki daya tahan cukup baik terhadap ancaman penyakit ataupun perubahan suhu.

Sementara, adapun BBI DKP kota itu sendiri, jelas Fajri, dibangun di atas lahan seluas 0,92 hektare dengan fasilitas kolam perawatan induk berkapasitas 500 ekor ikan, bak pemijahan dan perawatan telur berkapasitas 500 ribu ekor larva, serta 42 buah bak pendederan berbagai ukuran.

Juga, bak sterilisasi peralatan, bak bansal panen, bak karantina, footbath, bak kultur pakan alami, dan pengolahan air limbah buangan, katanya.(ant/rd)

Ada Budaya Papua di Penutupan PON 2016

Ketua Harian PB PON XIX/2016 Iwa Karniwa menuturkan akan ada unsur budaya Papua pada upacara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis malam.

Jakarta Raih Empat Medali Emas dari Bulu Tangkis

Kontingen DKI Jakarta berhasil melampaui target di cabang olahraga bulu tangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/Jabar 2016 setelah memastikan meraih empat medali emas, dua perak dan dua perunggu.

Reklamasi Jakarta Jadi Komoditas Politik Jelang Pilkada

Isu reklamasi Jakarta menjelang Pilkada DKI Jakarta Februari 2017 dinilai pengamat politik akan menjadi salah satu komoditas politik seksi, namun sekaligus berpotensi merugikan masyarakat ibu kota.

ASEAN Dorong Kesadaran Masyarakat Tentang Perdagangan Manusia

Komisi Promosi dan Perlindungan Hak Perempuan dan Anak ASEAN (ACWC) mendorong kesadaran masyarakat tentang perdagangan manusia agar terhindar dan membantu mencegah masalah itu.

Penampilan Musik Tunanetra Meriakan Kongres Penyantun Mata

Penampilan musik dari penyandang tunanetra memeriahkan pembukaan Kongres IX Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI) Bank Mata Indonesia Tahun 2016.