Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Indukan Lele Sangkuriang BBI Pariaman Siap Dipanen

pemkot pariaman, balai benih ikan, bbi, calon induk lele sangkuriang, siap panen

Posted on 13 Sep 2013. Hits : 283

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat melalui UPT Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Kelautan dan Perikanan menyatakan sekitar 12 ribu ekor calon induk lele sangkuriang yang dibudidayakan di BBI itu siap dipanen.

'Panen perdananya kita jadwalkan pada Senin (16/9), selanjutnya, pada Selasa (17/9) dan Rabu (18/9) akan dilakukan penyortiran danpemasarannya baru dilakukan mulai Kamis (19/9),' kata Kepala UPT BBI DKP kota itu Fajri, di Pariaman, Jumat.

Dia menjelaskan, dari sekitar 12 ribu ekor calon induk siap panen itu, sekitar 2 ton lebih di antaranya telah habis dipesan oleh sejumlah dinas dan Unit-unit Pembenihan Rakyat (UPR) dari beberapa kabupaten kota di Sumatera Barat dan Riau.

Meliputi, DKP Kabupaten Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Dharmasraya, Agam, Kota Padang, Payakumbuh, dan sejumlah UPR di Sumbar, serta beberapa UPR di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru, Riau, katanya.

Menurut Fajri, rencananya prosesi panen dan pemasaran perdana dalam tahun ini tersebut akan dilakukan dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota setempat Mukhlis Rahman, Kamis.

'Namun, bagi masyarakat yang ingin melihat juga boleh, silakan datang ke kolam benih kami di Jalan Sentot Alibasa, Jati, Kecamatan Pariaman Tengah,' tuturnya.

'Mudah-mudahan bisa menginspirasi masyarakat sekitar. Jadi, makin banyak warga kita yang mencoba berternak ikan jenis ini,' tambahnya.

Dia mengatakan, usaha budidaya ikan jenis itu terbilang menguntungkan karena masa panen ikan terbilang cepat, yakni sekitar 2 bulan.

Selain itu, lanjut dia, ikan jenis itu bisa dikatakan memiliki daya tahan cukup baik terhadap ancaman penyakit ataupun perubahan suhu.

Sementara, adapun BBI DKP kota itu sendiri, jelas Fajri, dibangun di atas lahan seluas 0,92 hektare dengan fasilitas kolam perawatan induk berkapasitas 500 ekor ikan, bak pemijahan dan perawatan telur berkapasitas 500 ribu ekor larva, serta 42 buah bak pendederan berbagai ukuran.

Juga, bak sterilisasi peralatan, bak bansal panen, bak karantina, footbath, bak kultur pakan alami, dan pengolahan air limbah buangan, katanya.(ant/rd)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.