Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

Pembangunan Konstruksi Tol Soroja Capai 50 Persen

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan pembangunan konstruksi Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang memiliki panjang sekitar 8,62 kilometer hingga saat ini mencapai 40 hingga 50 persen.

Loop Kepo Roadshow ke Sekolah di Palembang

Telkomsel kembali mengadakan program loop kepo tahun 2016 ini dengan melakukan pertunjukan keliling atau roadshow ke sekolah-sekolah di Palembang untuk mendorong kreativitas anak muda Indonesia melalui pemanfaatan teknologi secara positif dan produktif.

25 Juta Manusia Bergantung Pada Sungai Citarum

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Halaman Gedung Sate Bandung, Rabu, menuturkan sekitar 25 juta manusia secara tidak langsung bergantung pada Sungai Citarum.

Panglima TNI: TNI-Polri Harus Hindari Perkelahian

Aparat TNI-Polri harus menghindari perkelahian kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai upacara Prasetya Perwira Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier TNI 2016 di Akademi Militer Magelang, Rabu.

Produk Ikan Pekalongan Diminati Pedagang Luar Provinsi

Produk hasil tangkapan ikan nelayan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, diminati oleh pedagang sejumlah provinsi.