Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

Rumah Bongkar-Pasang Ini Bisa Dibangun Hanya dalam Waktu Tiga Jam

Pernah membayangkan membangun sebuah rumah hanya dalam waktu tiga jam? Arsitek Joshua Woodsman dari Pin-Up Houses merealisasikan hal tersebut dengan mendesain rumah kecil inovatif yang disebut dengan France.

Puluhan Toko Sepanjang Harmoni-Pecenongan Tutup

Puluhan toko tutup di kawasan jalan Harmoni hingga Pecenongan, Jakarta Pusat pada saat pelaksanaan doa bersama di Monumen Nasional (Monas).

Dinas Kebersihan DKI Kerahkan Berbagai Sarana Saat Doa Bersama

Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan berbagai sarana dan prasarana kebersihan selama berlangsungnya aksi doa bersama pada hari ini di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dewan Kesenian Metro Gelar Pameran Seni Rupa

Dewan Kesenian Metro (DKM) pada penghujung tahun 2016 tak hanya menggelar Liga Teater Pelajar tetapi juga menyiapkan gelar pameran seni rupa bertajuk Point of Interest.

Doa Bersama 212 Diwarnai Gerimis

Aksi doa bersama umat Islam pada 2 Desember (212) diwarnai gerimis ringan pukul 10.