Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

LDR BPR/BPRS Di Aceh Capai 134 Persen

rasio keuangan, bank perkreditan rakyat

Posted on 14 May 2013. Hits : 197

Rasio keuangan perusahaan perbankan(loan to deposit ratio/LDR) pada Bank Perkreditan Rakyat dan BPR Syariah di Aceh mencapai 134 persen dari total dana pihak ketiga2012 senilai Rp114 miliar.

'Artinya, fasilitas pembiayaan yang diberikan BPR dan BPRS di daerah ini kepada usaha kecil dan menengah melebihi dari dana yang berhasil dihimpun dari pihak ketiga,' kata Ketua DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) Provinsi Aceh Sugito di Banda Aceh, Selasa.

Dijelaskannya, besarnya penyaluran kredit di BPR dan BPRS tersebut sesuai dengan permintaan pasar dan juga bersumber dari dana kerja sama dengan pihak lainnya yang ada di setiap perusahaan perbankan tersebut.

Disebutkannya, LDR tahun 2012 terjadi penurunan sekitar 3,6 persen dibanding pembiayaan yang disalurkan kepada penerima manfaat pada tahun 2011 mencapai 139 persen dari total dana pihak ketigayang dihimpun sebesar Rp99 miliar tahun itu.

'Kami selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pembiayaan kepada setiap nasabah,' katanya.

Dikatakan, pihaknya tetap berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada seluruh nasabah untuk dapat memperoleh fasilitas kredit di bank tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sugito yang juga Direktur Utama BPRS Hikmah Wakilah menyatakan BPR dan BPRS di Aceh memberikan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah dari yang kecil hingga Rp200 juta.

'Besaran biaya yang diterima oleh penerima manfaat juga ditentukan oleh kebijakan di setiap BPR dan BPRS di mana nasabah mengajukan pembiayaan,' katanya.(ant/rd)

Tarif Trans Tangerang Rp 1.000 Bagi Pelajar

Pemerintah Kota Tangerang memberikan tarif murah bagi pelajar yang menggunakan moda transportasi Trans Tangerang yakni Rp1.

RCEP Bisa Pengaruhi Sektor Pangan-Kesehatan Nasional

Perjanjian perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang juga melibatkan Indonesia dinilai bisa mempengaruhi sektor pangan dan kesehatan nasional karena adanya hak kekayaan intelektual yang dikuasai korporasi.

BNPT Harapkan Revisi UU Terorisme Segera Dirampungkan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius berharap revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat segera dirampungkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Imigrasi Soetta Tolak Kedatangan Empat Warga Bangladesh

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang menolak kedatangan empat warga Bangladesh karena diduga menyalahgunakan fasilitas bebas visa kunjungan.

FAO : Pertanian Konservasi Tingkatkan Produksi 77 Persen

Berdasarkan data dari Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) hasil teknik pertanian konservasi telah meningkatkan produksi jagung di wilayah Indonesia Timur sebanyak 77 persen daripada menggunakan teknik produksi konvensional.