Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

Kemkes Gelar Periksa Deteksi Kanker Mata Gratis

Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis pada 200 anak dalam memperingati Hari Kanker Anak Dunia yang jatuh pada 22 Februari.

Pemkab Tangerang Ukur Ulang 26 Situ Rusak

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pengukuran ulang terhadap 26 situ (rawa) yang rusak untuk dilakukan normalisasi.

Strategi Kemenperin Dongkrak Industri Padat Karya

Produk industri dalam negeri dipacu agar lebih berdaya saing agar mampu menjadi pemenang perdagangan di kancah global sehingga Kementerian Perindustrian mengusulkan insentif berupa pemotongan pajak penghasilan (PPh) untuk industri padat karya yang berorientasi ekspor.

Jatim Akan Luncurkan "e-Smart Samsat"

Pemerintah Provinsi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meluncurkan program "e-Smart Samsat" untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Heryawan Instruksikan Moratorium Izin Pembangunan Kawasan Banjir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menyetop seluruh perizinan pembangunan di seluruh kawasan rawan banjir mulai 2017.