Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Minimnya Stok Picu Kenaikan Harga Cengkeh

harga cengkeh, palu, cengkeh, kenaikan harga

Posted on 18 Feb 2013. Hits : 578

Akibat stok semakin berkurang di tingkat petani, harga cengkeh di pasaran setempat terus bergerak naik.

Di tingkat pedagang di Palu, Senin harga cengkeh kering kini sudah mencapai Rp119 ribu per kilogram atau naik dibandingkan sebelumnya masih pada kisaran Rp111 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikkan tersebut, erat kaitanya dengan harga cengkeh di tingkat pabrik naik menyusul semakin berkurangnya stok.

Naik-turunnya harga cengkeh di pasaran lokal sangat tergantung harga pembelian pabrik. "Kalau harga di pabrik naik, otomatis di tingkat pedagang ikut naik dan sebaliknya," kata Ronie, salah serang pedagang.

Ia mengatakan selama ini seluruh hasil pembelian pedagang cengkeh dijual di pabrik di Surabaya.

Lembang (57), seorang petani cengkeh di kawasan Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong membenarkan harga lagi bagus. Hanya saja kenaikkan harga tersebut terjadi pada saat belum memasuki panen raya.

Stok cengkeh yang ada di petani sedikit karena belum panen.

"Kita berharap saja saat panen berlangsung harga cengkeh tetap bertahan seperti sekarang ini," katanya.

Sementara harga kopra dan kakao belum bergeser. Biji kakao kering dibeli pedagang dari petani Rp19.000,00 per kilogram dan kopra Rp3.800,00 per kilogram. (ant/as)

Summarecon Bandung Tawarkan Hunian Yang Humanis

Summarecon Bandung adalah kawasan seluas 300 ha yang dikembangkan oleh PT Summarecon Agung Tbk.

KPK Ingin Hilangkan Politik Uang Dalam Pilkada

Komisi Pemberantasan Korupsi menginginkan agar politik uang dalam Pemilihan Kepala Daerah dihilangkan, salah satunya dengan usulan institusi itu untuk meningkatkan dana bantuan bagi partai politik sebesar 50 persen, kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Garda Bangsa: Radikalisme Ancam Kebhinekaan

Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Garda Bangsa menilai kebhinekaan yang ada di Indonesia saat ini terancam oleh perkembangan paham radikal dan terorisme.

KJRI Berupaya Bebaskan WNI Ditahan Di Jeddah

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) berupaya membebaskan dua warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan di Jeddah setelah bergurau membawa bom ketika hendak naik pesawat, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir.

Presiden Segera Berantas 'Jual Beli' Jabatan ASN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan segera memberantas praktik "jual beli" jabatan dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).