Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pajak Kendaraan Bermotor Primadona Pendapatan Kalsel

pajak kendaraan bermotor, pendapatan asli daerah

Posted on 23 Mar 2013. Hits : 549

Pajak kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi primadona bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena mampu menyumbangkan pemasukan cukup besar di daerah ini.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel, Gustapa Yandi di Banjarmasin, Jumat mengatakan, pesatnya pertumbuhan kendaraan motor di Provinsi Kalsel menjadi sumber pendapatan potensial bagi 13 kabupaten dan kota di daerah ini.

"Pada 2014 kita menargetkan pendapatan asli kita mencapai Rp5 triliun, dari target tersebut kita masih mengandalkan pajak kendaraan bermotor," kata Yandi.

Menurut dia, pajak kendaraan bermotor termasuk dalam enam bagian dari pajak daerah antara lain, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Selama Januari-Februari 2013, realisasi PKB mencapai Rp75 miliar atau 14 persen dari target Rp530 miliar, sedangkan BBNKB tercapai Rp82,4 miliar atau 14,4 persen dari Rp572,5 miliar yang dipatok untuk tahun ini.

Menurut Yandi, pihaknya optimistis target yang dibebankan tercapai, sepanjang tidak ada gejolak ekonomi di daerah yang bisa mengganggu.

"Tahun 2012 kita ditarget Rp3,8 triliun lebih dan realisasinya mencapai Rp4,3 triliun lebih atau 114 persen," katanya.

Upaya mendongkrak pendapatan di sektor ini, antara lain dengan memberikan kemudahan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti melalui online, pelayanan secara mobile maupun mendatangi langsung.

Selain itu, Kantor Samsat Banjarmasin belum lama tadi, melakukan program pemutihan atau pemotongan denda bagi kendaraan bermotor yang terlambat melakukan pembayaran.

"Hasilnya sangat memuaskan, karena dana yang terkumpul dari upaya tersebut cukup besar," katanya.(ant/rd)

Indonesia Minta New Zealand Turunkan Bea Masuk

Pemerintah Indonesia meminta New Zealand dan Australia menurunkan bea masuk dua produk ekspor asal Indonesia, yakni herbicide dan insecticide, turun dari 5 persen menjadi nol persen dalam skema kesepakatan ASEAN-Australia New Zealand Free Trade Agreement (AANSFTA).

PT Garam Kembangkan Garam Bipolo Untuk Industri

PT Garam (Persero) berniat mengembangkan garam yang dihasilkan di tambak garam Desa Bipolo, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, menjadi garam industri yang bisa dijual keluar negeri.

September Pertalite Tersedia Di Semua SPBU Ambon

Mulai September 2016 semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Pulau Ambon telah tersedia minyak jenis pertalite.

Indonesia Raih Lisensi Ekspor Kayu ke Eropa

Indonesia telah mendapatkan pengakuan Hukum Kehutanan Tata Kelola Penegakan dan Perdagangan (Forest Law Enforcement Governance and Trade/FLEGT) dari negara Uni Eropa berkaitan ekspor kayu.

Udang Komoditas Pertumbuhan Tercepat Budi Daya

Lembaga riset pasar internasional Ipsos Business Consulting menginginkan udang menjadi komoditas dengan pertumbuhan tercepat di sektor budi daya perikanan di Tanah Air.