Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pajak Kendaraan Bermotor Primadona Pendapatan Kalsel

pajak kendaraan bermotor, pendapatan asli daerah

Posted on 23 Mar 2013. Hits : 549

Pajak kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi primadona bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena mampu menyumbangkan pemasukan cukup besar di daerah ini.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel, Gustapa Yandi di Banjarmasin, Jumat mengatakan, pesatnya pertumbuhan kendaraan motor di Provinsi Kalsel menjadi sumber pendapatan potensial bagi 13 kabupaten dan kota di daerah ini.

"Pada 2014 kita menargetkan pendapatan asli kita mencapai Rp5 triliun, dari target tersebut kita masih mengandalkan pajak kendaraan bermotor," kata Yandi.

Menurut dia, pajak kendaraan bermotor termasuk dalam enam bagian dari pajak daerah antara lain, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Selama Januari-Februari 2013, realisasi PKB mencapai Rp75 miliar atau 14 persen dari target Rp530 miliar, sedangkan BBNKB tercapai Rp82,4 miliar atau 14,4 persen dari Rp572,5 miliar yang dipatok untuk tahun ini.

Menurut Yandi, pihaknya optimistis target yang dibebankan tercapai, sepanjang tidak ada gejolak ekonomi di daerah yang bisa mengganggu.

"Tahun 2012 kita ditarget Rp3,8 triliun lebih dan realisasinya mencapai Rp4,3 triliun lebih atau 114 persen," katanya.

Upaya mendongkrak pendapatan di sektor ini, antara lain dengan memberikan kemudahan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti melalui online, pelayanan secara mobile maupun mendatangi langsung.

Selain itu, Kantor Samsat Banjarmasin belum lama tadi, melakukan program pemutihan atau pemotongan denda bagi kendaraan bermotor yang terlambat melakukan pembayaran.

"Hasilnya sangat memuaskan, karena dana yang terkumpul dari upaya tersebut cukup besar," katanya.(ant/rd)

Petinju Indonesia Tibo Monabesa Perebutkan Gelar Juara Dunia WBC

Petinju Indonesia Tibo Monabesa akan menghadapi petarung Filipina Rene Patilano Sabtu (21/1) mendatang untuk memperebutkan sabuk WBC Silver Internasional pada kelas terbang ringan, sekaligus memperbaiki peringkat sebagai syarat ikut serta memperebutkan sabuk juara dunia.

Sylviana Diperiksa Selama 7,5 Jam

Mantan Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni diperiksa selama 7,5 jam sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana bansos Pemprov DKI Jakarta di Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015.

OCBC NISP Tawarkan Kartu Kredit Untuk Kelas Menengah Atas

Bank OCBC NISP menawarkan kartu kredit "Voyage" bagi kalangan menengah atas seperti pemilik bisnis, para profesional dan eksekutif untuk memenuhi kebutuhan nasabah premium secara eksklusif.

Menelusuri Jejak Kesultanan Sambas

Istana Alwatzikhoebillah Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang didominasi warna kuning menyala, masih cukup kokoh berdiri.

Museum Goedang Ransoem Alami Revitalisasi

Dinas Kebudayaan Peninggalan Sejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) merevitalisasi salah satu bangunan cagar budaya di kota itu, Museum Goedang Ransoem, pada 2017.