Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Peluang Budi Daya Ikan Di Kaltim Terbuka

iwan santoso lolang, peluang budi daya ikan, peningkatan sektor perikanan

Posted on 07 May 2013. Hits : 235

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Iwan Santoso Lolang menilai peluang budi daya ikan di bekas lahan pertambangan batu bara di Kaltim terbuka lebar dengan banyaknya lubang-lubang bekas galian yang ditinggalkan oleh perusahaan tambang.

"Tinggal bagaimana memanfaatkan potensi tersebut utamanya untuk kesejahteraan rakyat, dan khususnya untuk masyarakat sekitar, ditambah sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan sektor perikanan daerah ini," jelas Iwan lolang di Samarinda, Senin.

Menurut Iwan, saat ini memang sudah ada sebagian lahan paska tambang tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk budidaya perikanan, namun masih dalam ruang lingkup yang kecil dan belum mengarah pada profesionalisme usaha.

"Banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan pasca tambang. Seperti di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara," kata Iwan.

Iwan mengatakan dengan budidaya ikan pada lahan tersebut akan turut membantu masyarakat lebih mandiri.

"Manfaatnya tidak hanya hasil budidaya ikan, namun ini bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan," kata Iwan.

Namun demikian, tentu masyarakat perlu dukungan pemerintah dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

"Ini menjadi bagian dari komitmen kami (Komisi II.red) dalam mendukung ekonomi kerakyatan di Kaltim. Hal ini perlu di-support semua pihak, utamanya dari segi pembinaan, pelatihan, maupun pembiayaan," katanya.

Ia menambahkan, pembudidayaan ikan di lokasi bekas tambang juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dan cita-cita Kaltim untuk pemenuhan kebutuhan pangan. ¿Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mendukung peluang ini," jelasnya.(ant/rd)

Sleman Kukuhkan Brajan Sebagai Sentra Kerajinan Bambu

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengukuhkan Dusun Brajan, Sendangagung, Kecamatan Minggir, sebagai sentra industri kerajinan bambu.

Harga Bahan Makanan Tinggi Saat Stabilnya Inflasi

Harga kelompok "volatile food" atau bahan makanan tercatat masih cukup tinggi di tengah stabilnya inflasi kelompok inti di Manado Ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Indonesia Dorong Kemitraan Liga Arab Lebih Berkembang

Pemerintah Indonesia mendorong kemitraan dengan negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab lebih berkembang pada bidang selain perekonomian.

Kadin: Lima Strategi Tingkatkan Ekspor 500 Persen

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan ada lima strategi untuk mengakselerasi peningkatan ekspor Indonesia sebesar 500 persen pada 2025-2030 dan meningkatkan kinerja ekspor yang tidak lagi bergantung pada sumber daya alam.

Pengusaha Dan Pejabat Sulut Manfaatkan Pengampunan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku utara (Suluttenggomalut) mengakui bahwa pengusaha besar lokal dan para pejabat turut memanfaatkan "tax amnesty" atau pengampunan pajak.