Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Perkebunan Tebu Skala Besar di Kepulauan Aru Siap Dioperasikan 2013

perkebunan tebu, tebu, kepulauan aru, maluku

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 1079

Perkebunan tebu skala besar yang telah direkomendasikan kementerian teknis di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, siap dioperasikan awal 2013, kata Ketua Bappeda setempat, Arens Uniplaitta.

"Pemetaan lahan seluas 534.000 hektare telah dilaksanakan sehingga awal 2013 siap dioperasikan dengan pengembangannya membutuhkan ratusan ribu tenaga kerja," katanya, di Dobo, Selasa.

Pertimbangannya perkebunan tebu yang dikembangkan Menara Grup itu juga ditunjang dengan pembangunan pabrik gula dan lumbung ternak.

Tebu bila saatnya panen diolah menjadi gula itu didisain menjadi pakan ternak besar seperti sapi sehingga ke depan mampu menyuplai kebutuhan daging nasional.

Dia tidak merinci nilai investasi pengembangan perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung ternak oleh Menara Grup, namun prospeknya bakal bernilai ekonomis.

"Strategisnya bila investasi tersebut direalisasikan, maka mampu mengatasi pengangguran di Kepulauan Aru maupun Provinsi Maluku secara umum," ujar Arens.

Selain itu, juga menurunkan tingkat kemiskinan di pulau itu yang kini masih relatif besar dari penduduknya sebanyak 83.634 jiwa yang tersebar di 117 desa dan dua kelurahan.

Dia mengakui kontribusi dari pengoperasian perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung daging nantinya juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Aru.

"Bila sejumlah investor lainnya juga merealisasikan penanaman modalya maka sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepulauan Aru pada 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen," kata Arens Uniplaitta. (ant/as)

Menkeu Upayakan Pencapaian Target Penerimaan Pajak 2016

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengupayakan pencapaian target penerimaan pajak sebesar Rp1.

Kemenkeu Gandeng Apkasi Bahas RUU Keuangan

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia merespon positif rencana Kementrian Keuangan RI menggandeng Apkasi dalam pembahasan Rancangan Undang-undang yang akan memperbaharui hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Lima Dubes Siap Hadiri PBN Pekalongan

Lima duta besar negara sahabat menyatakan siap hadir pada pembukaan Pekan Batik Nusantara (PBN) di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan dijadwalkan 4 Oktober 2016.

Akun Medsos Harus Didaftarkan ke KPU DKI

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengingatkan setiap bakal calon gubernur dan wakil gubernur setempat atau partai politik pendukung untuk mendaftarkan akun media sosial mereka ke Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta "Setiap paslon boleh juga parpol bikin akun khusus, boleh juga gabungan partai bikin akun khusus dan semuanya harus didaftarkan di KPU DKI Jakarta," kata Ketua Pokja Kampanye DKI Jakarta, Dahlia Umar di Kantor KPU DKI Jakarta, Sabtu.

E-Warong Terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota

Direktur Pengembangan Bisnis Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) akan terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota (RPK).