Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Mataram Gelar Gebyar Pembayaran PBB

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar acara gebyar pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2016 sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat membayar PBB.

BPJS Diminta Perbaiki Pola Sosialisasi Masyarakat

Anggota DPR RI Okky Asokawati meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memperbaiki pola sosialisasi kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi yang tertipu dan menggunakan kartu BPJS palsu.

Presiden Jokowi Bentuk Badan Hak Atas Kekayaan Intelektual

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mengatakan Presiden Joko Widodo perlu segera membentuk Badan Hak Atas Kekayaan Intelektual agar kemajuan ekonomi kreatif lebih progresif.

Yogyakarta Gagal Bawa Pulang Adipura

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali gagal membawa pulang piala Adipura untuk tiga tahun berturut-turut sejak 2013, setelah pada tahun ini hanya mendapat plakat Adipura untuk penilaian Terminal Giwangan.

Pemain Pokemon Go Diminta Lebih Berhati-Hati Dengan Lingkungan

Maraknya permainan Pokemon Go mengakibatkan pemainnya harus berhati-hati dengan lingkungan sekitarnya, terlebih pada segelintir orang yang memanfaatkan permainan tersebut untuk melakukan tindakan kriminal.