Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Tarif Trans Tangerang Rp 1.000 Bagi Pelajar

Pemerintah Kota Tangerang memberikan tarif murah bagi pelajar yang menggunakan moda transportasi Trans Tangerang yakni Rp1.

RCEP Bisa Pengaruhi Sektor Pangan-Kesehatan Nasional

Perjanjian perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang juga melibatkan Indonesia dinilai bisa mempengaruhi sektor pangan dan kesehatan nasional karena adanya hak kekayaan intelektual yang dikuasai korporasi.

BNPT Harapkan Revisi UU Terorisme Segera Dirampungkan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius berharap revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat segera dirampungkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Imigrasi Soetta Tolak Kedatangan Empat Warga Bangladesh

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang menolak kedatangan empat warga Bangladesh karena diduga menyalahgunakan fasilitas bebas visa kunjungan.

FAO : Pertanian Konservasi Tingkatkan Produksi 77 Persen

Berdasarkan data dari Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) hasil teknik pertanian konservasi telah meningkatkan produksi jagung di wilayah Indonesia Timur sebanyak 77 persen daripada menggunakan teknik produksi konvensional.