Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Laku Pandai Diharapkan Mampu Untungkan Masyarakat

Layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat karena memudahkan akses ke sektor perbankan dan juga mengajarkan sikap gemar menabung.

Kenaikan Cukai Rokok Dinilai Rugikan Pengusaha

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung Yusuf Kohar menyatakan kenaikan cukai rokok dapat menimbulkan kerugian bagi pengusaha yang berujung pada pengurangan karyawan secara massal.

'E-Warung' Ditargetkan Disetiap Kecamatan

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menargetkan setiap kecamatan setidaknya memiliki satu elektronik warung gotong royong yang dikelola kelompok usaha bersama program keluarga harapan.

Penerbangan Dumai Terganggu Kabut Asap

Pesawat Pelita Air rute Jakarta-Dumai terpaksa mengalihkan penerbangan karena kabut asap kebakaran mengganggu jarak pandang di Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai, Riau, Minggu.

Harga Daging Sapi Mulai Naik

Harga daging sapi segar yang ditawarkan para pedagang pada dua pasar sentral di Kota Ambon mulai bergerak naik hingga mencapai Rp95.