Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayur Siap Penuhi Sawi Pesanan Taiwan

petani sayur, taiwan, sawi, indramayu, jawa barat

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 641

Sejumlah petani sayuran organik dataran rendah asal Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi sawi putih pesanan pasar Taiwan.

Permintaan berbagai jenis sayuran dataran rendah organik, hasil panen petani di Indramayu seperti sawi putih, packhoy, kembang kol dan kol merah terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang di Indramayu kepada wartawan, di Indramayu, Rabu, mengatakan, petani sayuran dataran rendah di Indramayu siap penuhi pesanan sawi putih tujuan ekspor Taiwan.

"Budidaya berbagai sayuran dataran rendah organik semakin diminati oleh petani setempat, karena usai panen mudah menjualnya, selain itu lahan pertanian di Indramayu cocok dan potensial untuk mengembangkan sayuran tersebut,"katanya.

Ia menjelaskan, usaha budidaya sayuran dataran rendah organik didukung oleh produksi pupuk organik yang melimpah dengan memamnafaatkan berbagai limbah pertanian seperti bekas media jamur merang.

Sayuran organik diminati pasar ekspor, kata dia, sehingga petani Indramayu cukup diuntungkan karena harga jual mereka tinggi dibandingkan memenuhi pesanan lokal.

"Permintaan sawi putih kini kurang dari 200 ton setiap pekan, sehingga petani harus menambah lahan supaya mampu memenuhi pesanan tersebut,"katanya.

Andi Kusnanto pelopor usaha tani sayuran dataran rendah di Indramayu mengaku, budidaya sayuran dataran rendah masih cukup potensial dikembangkan karena lahan pertanian di Pantura Kabupaten Indramayu subur, selain itu kebutuhan pupuk organik terpenuhi.

Usaha budidaya sayuran organik, kata dia, akan berhasil jika pupuk organik melimpah karena pesanan pasar cukup tinggi dibandingkan sayuran berbahan kimia. (ant/as)

Tangerang Siapkan Fasilitas Ibu Hamil Tiap Desa

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyiapkan berbagai fasilitas penunjang bagi ibu hamil di setiap desa demi mengurangi tingkat kematian bayi atau ibu saat melahirkan.

Warga Bekasi Dikejutkan Fenomena Hujan Es

Warga Perumahan Pondokgede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, dikejutkan dengan fenomena alam hujan es yang terjadi Minggu (25/9) malam.

Kemenperin Cetak Sembilan Wrausaha Baru TI

Kementerian Perindustrian kembali mencetak sembilan wirausaha baru berbasis teknologi informasi (start-up) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Perbatasan Kupang-Oecusse Tidak Mendapat Sentuhan Pembangunan

Minimnya pembangunan sarana dan prasarana pendukung di wilayah perbatasan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan Oecusse, Timor Leste mendapat sorotan tajam dari anggota DPD-RI Andre Garu yang melukiskannya sebagai wilayah "yang belum tersentuh nawacita".

Pakar: Rekayasa Sawah Wujudkan Pertanian Modern Berkelanjutan

Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB Asep Sapei memperkenalkan inovasi rekayasa sawah untuk mendukung swasembada pangan dan menuju pertanian modern yang berkelanjutan.