Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayuran di Lampung Timur Berkurang

petani sayuran, lampung timur

Posted on 04 Dec 2012. Hits : 375

Petani yang menanam sayuran di Kabupaten Lampung Timur berkurang, karena harga komoditas lainnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil dari menanam sayuran.

"Petani banyak yang berkonsentrasi menanam padi, jagung dan singkong menyambut musim hujan ini," kata Subarti, salah seorang petani di Desa Gunungpasir Jaya Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Selasa.

Ia mengatakan petani mulai menanam sayuran pada musim kemarau lalu dan saat musim hujan ini mengembalikan fungsi utama lahan dengan menanam padi di perladangan itu.

Selain itu, bagi petani yang sebelumnya menanam sayur di lahan tadah hujan saat kemarau akan menanam padi, sedangkan di perladangan akan menanam jagung atau singkong sebagai penghasilan utama mereka.

"Jika lahan tadah hujan tetap ditanami sayur akan membusuk karena saat curah hujan tinggi akibat tergenang air," kata dia.

Petani setempat lainnya, Handoyo mengatakan petani saat ini mulai menanam komoditas utama seperti jagung, padi dan singkong itu.

"Hasil menanam sayuran sebelumnya untuk modal tanam sekarang, sesuai dengan perencanaan para petani," kata dia.

Selain itu, kata dia, dari tahun ke tahun harga sayuran saat curah hujan tinggi selalu turun, karena kalah dengan pasokan sayuran dari daerah lain yang memang khusus menanam sayuran.

Petani daeraah itu, lanjut dia, hanya menanam sayuran hanya saat kemarau dengan memanfaatkan embung air atau aliran sungai untuk menyiram, sedangkan saat musim hujan menanam padi karena biasanya sungai meluap merendam lahan tanaman itu.

"Mudah-mudahan musim tanam padi rendeng tahun ini mendapatkan hasil maksimal karena pasokan air mencukupi dibandingkan dengan musim gadu sebelumnya yang kekurangan air," kata dia. (ant/as)

Serikat Pekerja Indonesia Desak Presiden Hentikan GTO

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) mendesak Presiden Joko Widodo untuk memerintahkan PT Jasa Marga (Persero) guna menghentikan pelaksanaan gardu tol otomatis (GTO) di seluruh Indonesia karena berdampak di PHK-nya ribuan pekerja tol.

Penerbangan Rute Biak-Nabire Terisi 80 Persen

Rata-rata 80 persen dari 70 jumlah seat penumpang angkutan udara penerbangan ATR72-600 rute Biak-Nabire-Timika-Jayapura yang telah dioperasikan PT Garuda Indonesia Biak-Nabire-Timika-Jayapura setiap keberangkatan terisi.

Kopertis XIV-Garuda Kerja Sama Transportasi Udara

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta XIV Papua dan Papua Barat menyepakati kerja sama (MoU) dengan manajemen PT Garuda Indonesia Kabupaten Biak Numfor dalam pemenuhan layanan transportasi udara untuk perjalanan kedinasan dalam dan luar negeri.

Tanjung Emas Harus Jadi Pusat Maritim

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang harus menjadi pusat maritim di Indonesia.

Bandara Notohadinegoro Jember Tidak Terdampak Abu Bromo

Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tidak terdampak abu vulkanis Gunung Bromo sehingga aktivitas penerbangan komersial di bandara tersebut tetap berjalan normal.