Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 385

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.