Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 373

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Furnitur Indonesia Diminati Pengunjung Pameran Di Ceko

Furnitur dan produk kayu dari Indonesia menjadi favorit dan menarik minat besar pengunjung pameran "ForArch" yang digelar di Praha, Republik Ceko, yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 24 September 2016.

Perbaikan Lampu 'Runway' Bandara Kaisiepo Terkendala Label

Manajemen PT Angkasa Pura I sebagai pengelola otoritas Bandara Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, menyatakan upaya perbaikan lampu runway 11 yang dirusakkan oknum warga, terkendala pengiriman kabel khusus dari Jakarta.

Kerajinan Payung Lukis Klaten Banjir Pesanan

Kerajinan payung lukis produksi perajin dari Dukuh Gumantar Desa Tanjung Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten dalam kegiatan Festival Payung Indonesia (FPI) ke-3 2016 di Taman Balekambang Solo, kebanjiran pesanan hingga ribuan buah.

Indonesia-Inggris Targetkan Peningkatan Nilai Perdagangan Dan Investasi

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala Departemen Luar Negeri Inggris untuk Asia dan Pasifik, Alok Sharma, dan kedua pihak menargetkan peningkatan nilai perdagangan dan investasi antara Inggris dan Indonesia.

Commuter Jabodetabek Membuka Lowongan Kerja Sekretaris Direksi

PT KAI Commuter Jabodetabek kembali membuka lowongan kerja dengan kualifikasi sebagai berikut.