Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 373

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.