Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 373

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Laku Pandai Diharapkan Mampu Untungkan Masyarakat

Layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat karena memudahkan akses ke sektor perbankan dan juga mengajarkan sikap gemar menabung.

Kenaikan Cukai Rokok Dinilai Rugikan Pengusaha

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung Yusuf Kohar menyatakan kenaikan cukai rokok dapat menimbulkan kerugian bagi pengusaha yang berujung pada pengurangan karyawan secara massal.

'E-Warung' Ditargetkan Disetiap Kecamatan

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menargetkan setiap kecamatan setidaknya memiliki satu elektronik warung gotong royong yang dikelola kelompok usaha bersama program keluarga harapan.

Penerbangan Dumai Terganggu Kabut Asap

Pesawat Pelita Air rute Jakarta-Dumai terpaksa mengalihkan penerbangan karena kabut asap kebakaran mengganggu jarak pandang di Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai, Riau, Minggu.

Harga Daging Sapi Mulai Naik

Harga daging sapi segar yang ditawarkan para pedagang pada dua pasar sentral di Kota Ambon mulai bergerak naik hingga mencapai Rp95.