Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Realisasi PAD DISPENDA SULUT Rp168,3 Miliar

realisasi pendapatan asli daerah, dinas pendapatan daerah, provinsi sulawesi utara , triwulan pertama 2013, mencapai rp168,3 miliar

Posted on 27 Apr 2013. Hits : 422

Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan pertama 2013 mencapai Rp168,3 miliar atau sudah 23,18 persen dari target tahunan.

"Target PAD berkisar Rp579 miliar, melihat realisasi pada semester pertama yang tumbuh demikian tinggi, makaoptimistis target tersebut akan jauh terlampaui," kata Kepala Dispenda Sulut, Gammy A Kawatu, pada rapat evaluasi kinerja triwulan pertama, di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

Kontribusi pendapatan daerah tersebut, kata Gemmy bersumber dari15 kabupaten kotayang ada di Sulut, yang nantinya kemudian dikembalikan lagi ke masing-masing daerah melalui dana bagi hasil pajak.

Di Kepulauan Sangihe misalkan, Pemerintah Provinsi Sulut akan menyerahkan dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor pada tahun berjalan ini sebesar Rp7 miliar, dan bila sudah terbentuk menjadi Provinsi Perbatasan Nusa Utara, pemerintah daerah akan menyerahkan lebih banyak lagi sekitar Rp70 miliar.

"Pajak yang dihimpun dari kabupaten dan kota tersebut nantinya akan dikembalikan lagi dengan proporsi 30persen untuk provinsi dan 30 persen di daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi baik yang bersumber melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

Pencapaian pendapatan daerah harus dimaksimalkan dalam rangka mempercepat gerak pemerintahan, pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah yang terus dioptimalkan pemerintah daerah melalui Dispenda Sulut antara lain pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak air bawah tanah hingga pajak bumi dan bangunan.(ant/rd)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.