Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Gamma Dukung Transfer Teknologi Dorong Pertumbuhan Industri

transfer teknologi, pertumbuhan industri, gamma

Posted on 14 Jan 2013. Hits : 270

Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menyatakan transfer teknologi dari negara maju sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri pada 2013.

"Untuk mendorong pertumbuhan industri perlu adanya alih teknologi, bentuknya pun bisa berbeda-beda," kata Ketua Umum GAMMA Dasep Ahmadi seusai jumpa pers mengenai pameran teknologi manufaktur di Jakarta, Senin.

Melalui transfer ilmu, penguasaan teknologi masyarakat Indonesia bisa jauh berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Bentuk kerjasamanya, lanjut Dasep, bisa berupa supervisi teknologi atau pengembangan produk.

Dasep mencontohkan, hubungan antara Indonesia dan Jerman yang bisa saling melakukan transfer teknologi. Jerman, di satu sisi membutuhkan Indonesia karena kemampuan tenaga kerjanya yang mulai naik.

Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan Jerman untuk investasi sekaligus tempat untuk mempelajari teknologi yang mereka gunakan.

"Jadi bagaimana kita merintis kerjasama dengan negara maju, tetapi bukan menjadi pesaing melainkan seperti anak didik mereka," ujarnya.

Dia juga berpendapat ada segmen-segmen tertentu yang bisa dimasuki oleh pemain lokal. Sehingga pemain domestik bisa memanfaatkan peluang tersebut untk bisa berkembang.

Penguasaan teknologi, menurut Dasep, penting untuk mengejar ketertinggalan terhadap China atau India. Terlebih, karena kedua negara itu dianggap menjadi pesaing utama pasar lokal di berbagai industri.

Dari impor barang modal pada 2012 senilai 25 miliar dolar AS, kontribusi pemain lokal diungkapnya hanya sekitar 10 persen.

"Pemain lokal di industri barang modal juga masih sedikit sekitar 300 perusahaan. Padahal di Jerman atau Jepang sudah ribuan perusahaan," ungkapnya.

Dasep berharap tahun ini kontrusi pemain lokal dalam industri barang modal tahun ini bisa meningkat setidaknya 17 persen dari tahun sebelumnya.

"Agak berat, makanya kita harus lakukan terobosan. Yang utama itu harus banyak orang riset, industri, dan pemain lokal yang harus bekerjasama dengan solid," katanya.(ant/id)

Pengemudi 'Brio Maut' Negatif Gunakan Narkoba

Penyidik Laka Lantas Polrestabes Bandung menyebut tes urine yang dilakukan terhadap IM (19) pengemudi Honda Brio yang menyeruduk sepeda motor yang dikendarai IT (32) hingga tewas, negatif menggunakan zat psikotoprika.

Mubarokfood Akan Kurangi Penggunaan Kayu Bakar

Produsen jenang Kudus, Jawa Tengah, Mubarokfood akan mengurangi penggunaan bahan bakar kayu untuk proses pembuatan jenang.

Tapin Kembangkan Sapi Betina Melalui Inseminasi Buatan

Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, mengembangkan sapi betina melalui program inseminasi buatan dan program sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) untuk mendukung program nasional.

Empat Departemen ITS Kembali Raih Sertifikasi Internasional

Empat departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berhasil meraih sertifikasi internasional yakni dari ASEAN United Network Quality Assessment (AUN-QA) pada akhir tahun 2016 lalu.

Elemen Masyarakat Diajak Citra Danau Toba

Elemen masyarakat diajak untuk menjaga citra positif Danau Toba di Sumatera Utara dalam upaya mendukung program Pemerintah Pusat menjadikan kawasan itu sebagai tujuan wisata Nasional dan Dunia.