Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Gamma Dukung Transfer Teknologi Dorong Pertumbuhan Industri

transfer teknologi, pertumbuhan industri, gamma

Posted on 14 Jan 2013. Hits : 270

Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menyatakan transfer teknologi dari negara maju sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri pada 2013.

"Untuk mendorong pertumbuhan industri perlu adanya alih teknologi, bentuknya pun bisa berbeda-beda," kata Ketua Umum GAMMA Dasep Ahmadi seusai jumpa pers mengenai pameran teknologi manufaktur di Jakarta, Senin.

Melalui transfer ilmu, penguasaan teknologi masyarakat Indonesia bisa jauh berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Bentuk kerjasamanya, lanjut Dasep, bisa berupa supervisi teknologi atau pengembangan produk.

Dasep mencontohkan, hubungan antara Indonesia dan Jerman yang bisa saling melakukan transfer teknologi. Jerman, di satu sisi membutuhkan Indonesia karena kemampuan tenaga kerjanya yang mulai naik.

Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan Jerman untuk investasi sekaligus tempat untuk mempelajari teknologi yang mereka gunakan.

"Jadi bagaimana kita merintis kerjasama dengan negara maju, tetapi bukan menjadi pesaing melainkan seperti anak didik mereka," ujarnya.

Dia juga berpendapat ada segmen-segmen tertentu yang bisa dimasuki oleh pemain lokal. Sehingga pemain domestik bisa memanfaatkan peluang tersebut untk bisa berkembang.

Penguasaan teknologi, menurut Dasep, penting untuk mengejar ketertinggalan terhadap China atau India. Terlebih, karena kedua negara itu dianggap menjadi pesaing utama pasar lokal di berbagai industri.

Dari impor barang modal pada 2012 senilai 25 miliar dolar AS, kontribusi pemain lokal diungkapnya hanya sekitar 10 persen.

"Pemain lokal di industri barang modal juga masih sedikit sekitar 300 perusahaan. Padahal di Jerman atau Jepang sudah ribuan perusahaan," ungkapnya.

Dasep berharap tahun ini kontrusi pemain lokal dalam industri barang modal tahun ini bisa meningkat setidaknya 17 persen dari tahun sebelumnya.

"Agak berat, makanya kita harus lakukan terobosan. Yang utama itu harus banyak orang riset, industri, dan pemain lokal yang harus bekerjasama dengan solid," katanya.(ant/id)

Petinju Indonesia Tibo Monabesa Perebutkan Gelar Juara Dunia WBC

Petinju Indonesia Tibo Monabesa akan menghadapi petarung Filipina Rene Patilano Sabtu (21/1) mendatang untuk memperebutkan sabuk WBC Silver Internasional pada kelas terbang ringan, sekaligus memperbaiki peringkat sebagai syarat ikut serta memperebutkan sabuk juara dunia.

Sylviana Diperiksa Selama 7,5 Jam

Mantan Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni diperiksa selama 7,5 jam sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana bansos Pemprov DKI Jakarta di Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015.

OCBC NISP Tawarkan Kartu Kredit Untuk Kelas Menengah Atas

Bank OCBC NISP menawarkan kartu kredit "Voyage" bagi kalangan menengah atas seperti pemilik bisnis, para profesional dan eksekutif untuk memenuhi kebutuhan nasabah premium secara eksklusif.

Menelusuri Jejak Kesultanan Sambas

Istana Alwatzikhoebillah Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang didominasi warna kuning menyala, masih cukup kokoh berdiri.

Museum Goedang Ransoem Alami Revitalisasi

Dinas Kebudayaan Peninggalan Sejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) merevitalisasi salah satu bangunan cagar budaya di kota itu, Museum Goedang Ransoem, pada 2017.