Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Di Indonesia Ada Kecoa Terbesar di Dunia

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 390
Kecoa terbesar di dunia yang menjadi salah satu spesies hewan langka dan eksotis ditemukan di Indonesia. Temuan ini didapat oleh tim ekspedisi yang berisi pakar dai Inggris, Prancis, Indonesia, dan Venezuela di sebuah gua Semenanjung Sangkulirang Kalimantan Timur.

Menurut Scott Stanley, ahli ekologi dan konservasi alam yang ikut dalam tim, mengatakan, mereka juga berhasil menemukan serangkaian spesies baru mulai ikan, serangga, siput dan berbagai tanaman yang hidup di antara struktur batuan gua. Stanley yang juga menjadi manajer program Kalimantan, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di Amerika Serikat, menyatakan masih banyak spesies lain yang belum dapat mereka identifikasi. Semuanya hampir merupakan spesies hewan atau tanaman yang terancam punah, termasuk kecoa raksasa tadi.

"Kami mengakui bahwa kecoa terbesar di dunia itu tidak seberapa karismatik. Tapi ia merupakan representasi atau bagian dari ekosistem ceruk dan jika Anda bawa ia keluar dari sana, akan memberi efek domino dalam sistem rantau makanan secara keseluruhan."

"Para peneliti takjub dengan keanekaragaman hayati yang mereka temukan di sana," kata Stanley.

Kawasan pegunungan kapur Semenanjung Sangkulirang seluas 9.000 hektare itu memang kaya akan keanekaragaman hayati. Mereka memiliki spesies endemik yang luar biasa banyaknya. "Sangkulirang tampaknya memiliki keragaman spesies gua yang paling langka di bumi," ujar Louis DeHarveng, pakar entomologi dari French Academy of Scicendem yang ikut dalam ekspedisi. (*/AFP)

Perwakilan Indonesia Kunjungi PLTN Beloyarsk Rusia

Delegasi dari perwakilan tetap negara-negara asing untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia, yang berkedudukan di Wina, Austria, mengunjungi PLTN Beloyarsk di Rusia.

UU Kelapa Sawit Akan Melindungi Kepentingan Pelaku Usaha

Komisi IV DPR berupaya memperjuangkan lahirnya Undang-Undang (UU) yang akan melindungi industri kelapa sawit di Indonesia.

Singapura Tertarik Berinvestasi di TAA Sumsel

Menteri Negara untuk luar negeri Singapura DR Mohamad Maliki Osman mengatakan, pihaknya tertarik melakukan kerja sama dan berinvestasi terutama di kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

RRI Kendari Gelar Audisi Bintang Radio

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar audisi bintang radio 2016 khusus untuk pelajar.

McDonald's Corporation Berencana Jual Hak Waralaba ke Mitra Lokal

McDonald's Corp berencana menjual hak waralaba selama 20 tahun di Malaysia dan Singapura.