Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Di Indonesia Ada Kecoa Terbesar di Dunia

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 390
Kecoa terbesar di dunia yang menjadi salah satu spesies hewan langka dan eksotis ditemukan di Indonesia. Temuan ini didapat oleh tim ekspedisi yang berisi pakar dai Inggris, Prancis, Indonesia, dan Venezuela di sebuah gua Semenanjung Sangkulirang Kalimantan Timur.

Menurut Scott Stanley, ahli ekologi dan konservasi alam yang ikut dalam tim, mengatakan, mereka juga berhasil menemukan serangkaian spesies baru mulai ikan, serangga, siput dan berbagai tanaman yang hidup di antara struktur batuan gua. Stanley yang juga menjadi manajer program Kalimantan, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di Amerika Serikat, menyatakan masih banyak spesies lain yang belum dapat mereka identifikasi. Semuanya hampir merupakan spesies hewan atau tanaman yang terancam punah, termasuk kecoa raksasa tadi.

"Kami mengakui bahwa kecoa terbesar di dunia itu tidak seberapa karismatik. Tapi ia merupakan representasi atau bagian dari ekosistem ceruk dan jika Anda bawa ia keluar dari sana, akan memberi efek domino dalam sistem rantau makanan secara keseluruhan."

"Para peneliti takjub dengan keanekaragaman hayati yang mereka temukan di sana," kata Stanley.

Kawasan pegunungan kapur Semenanjung Sangkulirang seluas 9.000 hektare itu memang kaya akan keanekaragaman hayati. Mereka memiliki spesies endemik yang luar biasa banyaknya. "Sangkulirang tampaknya memiliki keragaman spesies gua yang paling langka di bumi," ujar Louis DeHarveng, pakar entomologi dari French Academy of Scicendem yang ikut dalam ekspedisi. (*/AFP)

Kemkes Gelar Periksa Deteksi Kanker Mata Gratis

Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis pada 200 anak dalam memperingati Hari Kanker Anak Dunia yang jatuh pada 22 Februari.

Pemkab Tangerang Ukur Ulang 26 Situ Rusak

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pengukuran ulang terhadap 26 situ (rawa) yang rusak untuk dilakukan normalisasi.

Strategi Kemenperin Dongkrak Industri Padat Karya

Produk industri dalam negeri dipacu agar lebih berdaya saing agar mampu menjadi pemenang perdagangan di kancah global sehingga Kementerian Perindustrian mengusulkan insentif berupa pemotongan pajak penghasilan (PPh) untuk industri padat karya yang berorientasi ekspor.

Jatim Akan Luncurkan "e-Smart Samsat"

Pemerintah Provinsi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meluncurkan program "e-Smart Samsat" untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Heryawan Instruksikan Moratorium Izin Pembangunan Kawasan Banjir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menyetop seluruh perizinan pembangunan di seluruh kawasan rawan banjir mulai 2017.